Upaya Setan Dalam Menggoda Manusia

Posted by Unknown Jumat, 31 Mei 2013 0 komentar
Terperangkap Angan-angan
Setan akan berupaya sekuat tenaga untuk menyakinkan korbannya agar mereka terperangkap angan-angan. Begitu kuatnya rayuan itu, sehingga manusia termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tertipu. Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang mengambil setan itu menjadi temannya, maka setan itu adalah teman yang seburuk-buruknya." (Q.S. An-Nisa : 38)

Maksiat Terlihat Indah
Setan selalu menghiasi perbuatan maksiat agar terlihat indah di mata manusia. Kemusian kita terlena dengan bisikan tersebut. Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang menjadikan setan pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong kepada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. Mereka itu tempatnya Jahannam dan mereka tidak memperoleh tempat lari dari padanya." (Q.S. An-Nisa : 119-121)

Melupakan Ajal

Bila telah demikian, kita akan masuk dalam kelalaian berikutnya, yakni melupakan ajal. Seolah ajal masih jauh, seolah taubat masih bisa kita lakoni sebelum nafas samapai di kerongkongan. Kita seakan sangat yakin bahwa masih sempat bertaubat, padahal kita tak tahu apakah esok pagi matahari akan terbit dari barat atau tidak.

Menunda Taubat
Keterlenaan yang ditiupkan setan itu kemudian akan melahirkan dosa selanjutnya, yaitu menunda taubat. Setan kemudian akan membisikkan pada diri kita untuk bertaubat esok hari, esok lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Sehingga kita senantiasa bergelimang dengan dosa, untuk kemudian, hati kita menjadi pekat.

Bahaya dari menunda taubat ialah dosa akan menumpuk, dan dosa tersebut membawa efek yang buruk bagi hati. Ia akan menghitamkan, membutakan, bahkan mengakibatkan kematian hati. Allah SWT berfirman:
"Sekali-kali tidak, sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka." (Q.S. Al-Muthaffifin : 14)

Rasulullah SAW berkata, bila seseorang melakukan satu dasa, terdapat satu titik hitam di hatinya. Jika ia bertaubat, titik tersebut akan dihapuskan. Namun jika dosa tersebut bertambah, bertambah pula titik hitamnya hingga menutupi hatinya. Itulah karat (ran) yang diisyaratkan Allah dalam Al-Qur'an.

Penyesalan orang yang menunda taubat tergambar dalam firman Allah SWT:
"Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, 'Ya Tuhanku kembalikanlah aku, agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan." (Q.S. Al-Mukminun :99-100). Sungguh rugi manusia yang menjajakan kenikmatan syahwat, cinta, dan keindahannya untuk ditukar dengan penyesalan yang tiada batas dan abadi.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Upaya Setan Dalam Menggoda Manusia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/upaya-setan-dalam-menggoda-manusia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.