Perlindungan Terhadap Lingkungan

Posted by Unknown Minggu, 19 Mei 2013 0 komentar
Lingkungan adalah segala sesuatu yang mempunyai kaitan dengan kehidupan. Dan dalam suatu kehidupan, lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat besar. Untuk itu, marilah kita cintai lingkungan agar lingkungan pun mencintai kita. Dalam mencintainya pun, kita sebaiknya tidak merusak maupun mencemarinya. Sebagai manusia yang mencintai lingkungan, kita sebaiknya tidak melakukan hal-hal sebagai berikut.
  • Membuang sampah sembarangan.
  • Menebang pohon-pohon secara sembarangan.
  • Mencemari lingkungan.
  • Menambang liar.
Adapun perlindungan yang dapat kita lakukan terhadap lingkungan, dapat kita lakukan dengan hal-hal sebagai berikut.
  • Melakukan penghijauan atau reboisasi (penanaman kembali hutan yang gundul). Dengan tumbuhnya pepohonan, tanah akan semakin subur dan kuat. Akar-akar pepohonan dapat mengikat tanah-tanah di tebing agar tidak mudah longsor.
  • Menggunakan kertas sehemat mungkin, karena kertas yang kita gunakan berasal dari pohon-pohon di hutan. Semakin banyak kertas yang kita gunakan semakin banyak pohon yang ditebang.
  • Bersikap bijak dalam menggunakan kendaraan bermotor jika benar-benar diperlukan. Akan lebih baik jika menggunakan sepeda. Jika kamu pengguna sepeda motor, pastikan mesin dirawat dengan baik, agar gas buangan sepeda motormu tidak merusak lingkungan.
  • Menghemat air dan manfaatkan air hujan atau air bekas untuk keperluan lain seperti menyiram tanaman, dengan begitu kita bisa menghemat air bersih untuk keperluan konsumsi.
  • Mengajak orangtua untuk memastikan bahwa keran dan saluran air di rumah tidak ada yang bocor, sehingga tidak ada air yang terbuang percuma. Jika ada yang rusak, segera perbaiki.
  • Tidak membuang limbah rumah tangga seperti minyak atau bekas cucian ke saluran pembuangan. Tahukah kamu, satu ember air detergen yang kamu buang bisa mencemari 3 juta liter air! Jika air yang  kamu buang itu mengalir ke kolam atau sungai akan banyak habitat yang hidup di dalamnya yang mati. Karena itu usahakanlah mengurangi penggunaan detergen.
  • Tidak menggunakan pupuk kimia saat bercocok tanam. Memang zat kimia itu bisa membuat tanaman cepat berbuah, tetapi di balik itu, zat kimia mempunyai efek samping yang berbahaya untuk tanah. Gunakanlah pupuk organik atau pupuk alam seperti pupuk kandang, atau kompos. Selain lebih sehat bagi tanah, penggunaan pupuk ini dapat mengurangi limbah.
  • Tanamlah pohon yang tepat pada lahan yang tepat. Salah memilih jenis tumbuhan akan dapat merusak kesuburan tanah.
  • Kurangilah pemakaian plastik. Jika plastik itu menjadi sampah di tanah, perlu seribu tahun agar plastik itu bisa hancur terurai. Gantilah bungkus kemasan dengan kertas. Karena jika kertas bersatu dengan tanah, hanya di perlukan waktu dua bulan agar hancur terurai.
  • Melakukan 4R: Reduce, Reuse, Recycle dan Repair. Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang Anda tidak "terlalu"  butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissu dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya. Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti memberikan baju-baju bekas Anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara Anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai dan masih bagus bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan. Recycle mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah Anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apa pun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali. Repair adalah usaha perbaikan demi lingkungan. Contoh: memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu bolong yang kita perbaiki, karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Perlindungan Terhadap Lingkungan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/perlindungan-terhadap-lingkungan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.