Contoh-contoh Perbuatan Dosa Besar Dan Cara Menghindarinya

Posted by Unknown Senin, 06 Mei 2013 0 komentar
Dosa besar adalah dosa yang akibat buruknya atau kerusakan yang ditimbulkannya cukup besar. Perilaku dosa besar merupakan perbuatan yang tidak terpuji atau akhlakul mazmunah yang harus dihindari dan dijauhi karena perbuatannya sangat merugikan orang lain, juga tidak akan disenangi oleh masyarakat dan akan mengalami ketidaktenangan jiwa. Selain itu pelaku dosa besar diancam hukuman dunia dan azab di akhirat, serta dilaknat oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Di antara contoh-contoh perbuatan dosa besar adalah sebagai berikut:


Syirik
 
Dalam istilah ilmu tauhid, syirik adalah menyekutukan Allah SAW, dengan sesuatu selain-Nya, baik dalam zat-Nya, sifat-sifat-Nya, Perbuatan-Nya, maupun dalam hal ketaatan yang seharusnya ditujukan hanya kepada-Nya. Orang yang berprilaku syirik disebut sebagai musyrik.

Syirik merupakan dosa yang paling berat, sehingga pelakunya tidak akan memperoleh ampunan Allah SWT. Allah berfirman:
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia (Allah) mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. An-Nisa : 48)

Riba
 
Riba adalah tambahan (ziyadah) tanpa imbalan yang terjadi karena penangguhan dalam pembayaran yang di perjanjikan sebelumnya. Riba merupakan perbuatan dosa besar dan hukumnya haram. Dan bagi para pelakunya baik ia memakannya, menjadi praktisi, menentukan hukum, mengambil pinjaman, menjadi saksi, penjamin, penulis, penganjur, pendorong ataupun pembantu dalam proses riba, maka ia akan diperangi oleh Allah dan Rasul-Nya, dan akan mendapat siksa Allah di dunia dan azab Allah di akhirat.


Durhaka terhadap kedua orang tua 
Orang yang durhaka terhadap kedua orang tua merupakan dosa besar. Contoh-contoh perbuatan yang termasuk durhaka terhadap kedua orang tua adalah membentak, menganiaya, berkata tidak sopan sehingga menyakiti hati dan perasaan orang tua, dan juga menelantarkan kedua orang tua yang berada dalam kemiskinan.

Akibat buruk dari durhaka terhadap orang tua, akan menimpa orang tua dan si anak yang durhaka tersebut. Dari kedua orang tua akan mengalami berbagai penderitaan, sedangkan kepada anaknya yang durhaka, akan mendapat murka Allah yaitu berupa siksa dunia dan azab di akhirat.


Islam memerintahkan agar seorang anak berkata sopan dan lemah lembut terhadap orang tuanya. Allah berfirman:

"Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kedua orang tuamu perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia." (QS. Al-Isra : 23)


Zina dan qasaf
Zina adalah hubungan kelamin (persetubuhan) antara laki-laki dan perempuan di luar pernikahan yang sah. Zina termasuk dosa besar, karena akibat buruknya atau bahaya yang ditimbulkan zina sungguh sangat besar. Zina juga termasuk perbuatan orang yang tidak beradab dan keji yang diharamkan Allah. Allah berfirman:
"Dan janganlah kau mendekati zina sesungguhnya zina itu adalah sesuatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra : 32)

Sedangkan qazaf adalah menuduh orang lain melakukan zina, tanpa adanya saksi-saksi yang dibenarkan oleh syara'. Qazaf termasuk dalam perbuatan keji yang hukumnya haram danmerupakan dosa besar. Hal ini karena menuduh zina, akan mendatangkan kerugian dan bencana, baik kepada orang yang dituduh beserta keluarganya maupun bagi yang menuduh. Adapun dalil naqli tentang qazaf adalah QS An-Nur : 4-5 dan 19)



Mencuri dan merampok
Mencuri adalah mengambil harta orang lain dengan jalan sembunyi-sembunyi atau diam-diam. Mencuri merupakan dosa besar dan wajib dihukum, yaitu dengan cara dipotong tangannya. Sedangkan merampok adalah perbuatan merampas harta orang lain yang terkadang disertai dengan kekerasan, ancaman, dan bahkan pembunuhan. Perbuatan tersebut sangat menggelisahkan masyarakat. Maka perbuatan tersebut hukumnya dosa besar dan haram.


Membunuh 
Membunuh adalah perbuatan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Membunuh seseorang dengan sengaja merupakan perbuatan biadab yang hukumnya haram dan termasuk dosa besar yang pelakunya akan  dimurkai oleh Allah dan dikutuk Allah, serta dicampakkan ke dalam neraka jahanam. Allah berfirman:
"Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya adalah (neraka) jahanam, kekal ia di dlamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya." (QS. An-Nisa :93)


Makan makanan dan minuman yang diharamkan 
Makanan yang dengan tegas diharamkan syara' (Al-Qur'an dan Hadits), maka setiap orang yang memakannya dianggap melakukan dosa besar. Allah berfirman:
"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala, dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (Mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan." (QS. Al-Maidah : 3)

Adapun minuman yang diharamkan adalah setiap minuman yang memabukkan dan menutup atau menghalangi akal sehat peminumnya dari mengerjakan perintah-perintah Allah dan rasul-Nya. Rasulullah bersabda:

"Setiap yang memabukkan adalah khamar dan setiap yang memabukkan adalah haram." (HR. Abu Dawud)

Berdasarkan hadits di atas hukum mengkonsumsi khamar adalah haram dan termasuk dosa besar seperti dijelaskan dalam QS. Al-Maidah : 90-91)




Cara Menghindari Perbuatan Dosa Besar Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setiap manusia diwajibkan oleh Allah SWT untuk menghindari perbuatan dosa besar. Allah berfirman:

"Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)." (QS. An-Nisa : 31)

Di antara cara-cara menghindari dosa besar antara lain sebagai berikut:

  • Selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Percaya dengan sepenuhnya kepada Allah SWT bahwasannya Dialah yang memberikan rizki, pemilik kekuatan yang sangat kokoh.
  • Selalu taat dan patuh serta berbakti terhadap kedua orang tua.  
  • Mempelajari, menghayati, dan mengamalkan ilmu pengetahuan agama yang ia pelajari selama ini.
  • Selalu mendatangi majlis-majlis taklim, tempat-tempat ibadah, orang-orang shaleh yang mempunyai ilmu pengetahuan agama yang luas, dan lain sebagainya.
  • Hendaknya seseorang selalu menanamkan rasa cinta dan kasih sayangnya terhadap sesamanya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Contoh-contoh Perbuatan Dosa Besar Dan Cara Menghindarinya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/contoh-contoh-perbuatan-dosa-besar-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.