Menghargai Hasil Karya Orang Lain

Posted by Unknown Selasa, 07 Mei 2013 0 komentar
Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu perilaku terpuji. Menghargai artinya menghormati, sedangkan menghargai hasil karya orang lain yaitu menghormati suatu pekerjaan, perbuatan, atau ciptaan yang telah dihasilkan seseorang.

Dalam kehidupan seseorang di era komunikasi dan informasi yang berkembang begitu pesat, kita tidak lepas dari memanfaatkan kemajuan teknologi seperti mobile phone (hand phone), komputer, televisi, mobil, pesawat, dan lain-lain. Semua itu merupakan hasil karya orang lain yang telah gigih merintis, menciptakan dan mengembangkan agar mempermudah segala urusan. Oleh karenanya, kita harus menyadari bahwa hasil karya orang lain yang dapat kita nikmati sekarang ini patut mendapatkan penghargaan. Allah SWT berfirman:
"Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." (Q.S. At-Taubah : 105)

Sikap menghargai hasil karya orang lain dapat dilakukan dengan cara menggunakan hasil karyanya dengan baik dan mengakui hasil karya tersebut. Melakukan perbuatan seperti mencontek, menjiplak, mengkopi, memperbanyak tanpa izin dari orang yang menemukan, termasuk tidak menghargai hasil karya orang lain. Bahkan hasil dari perbuatan itu sama dengan memakan harta yang batil karena dapat disamakan dengan hukum mencuri ataupun mengambil manfaat dari sesuatu barang tanpa seizin orangnya. Kita dilarang melakukan perbuatan seperti ini, sebagaimana firman Allah SWT:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu." (Q.S. An-Nisa : 29)

Beberapa sikap yang menunjukkan perilaku terpuji menghargai hasil karya orang lain adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan hasil karya orang lain dengan cara yang baik dan semestinya.
  • Menghindari perasaan iri dan dengki atas prestasi atau hasil karya orang lain.
  • Memberi penghargaan, semangat dan dorongan agar orang lain dapat terus berkarya.
  • Tidak merusak, meniru dan memalsukan hasil karya orang lain tanpa seizin pemiliknya.
  • Meneladani prestasi yang telah dicapai.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menghargai Hasil Karya Orang Lain
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/menghargai-hasil-karya-orang-lain.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.