Shalat

Posted by Unknown Senin, 27 Mei 2013 0 komentar
Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Islam didirikan atas lima sendi (tiang) salah satunya ialah shalat, sehingga barang siapa mendirikan shalat ,maka ia mendirikan agama (Islam), dan barang siapa meninggalkan shalat, maka ia meruntuhkan agama (Islam).

Shalat harus didirikan dalam satu hari satu malam sebanyak lima kali, yang berjumlah 17 rakaat. Shalat tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan tanpa terkecuali bagi kaum muslim, baik sedang sehat maupun sakit. Selain shalat wajib ada juga shalat-shalat sunah.

Shalat menurut Bahasa (etimologi) berarti Do'a. Dan secara terminology (istilah), para ahli fiqih mengartikan secara lahir dan hakiki.

Secara lahiriah shalat berarti beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah menurut syarat-syarat yang telah ditentukan.

Adapun scara hakikinya ialah berhadapan hati (jiwa) kepada Allah, secara yang mendatangkan takut kepada-Nya serta menumbuhkan di dalam jiwa rasa kebesarannya dan kesempurnaan kekuasaan-Nya atau mendahirkan hajat dan keperluan kita kepada Allah yang kita sembah dengan perkataan dan pekerjaan atau dengan kedua-duanya.

Dalam pengertian lain shalat ialah salah satu sarana komunikasi antara hamba dengan Tuhannya sebagai bentuk ibadah yang di dalamnya merupakan amalan yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam, serta sesuai dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan syara’.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa shalat merupakan ibadah kepada Allah, berupa perkataan dengan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam menurut syarat dan rukun yang telah ditentukan syara’. Juga shalat merupakan penyerahan diri (lahir dan batin) kepada Allah dalam rangka ibadah dan memohon rido-Nya.


Tujuan Shalat

Shalat dalam agama Islam menempati kedudukan yang tidak dapat ditandingi oleh ibadat manapun juga, ia merupakan tiang agama dimana ia tak dapat tegak kecuali dengan itu.

“… dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar. …” (Q.S. Al-Ankabut : 45)

Juga Allah berfirman dalam surah An-Nur : 56:

Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada Rasul (Muhammad), agar kamu diberi rahmat.”


Syarat-syarat Shalat
 - Syarat Wajib Shalat
  • Islam.
  • Baligh.
  • Berakal, Rasulullah SAW bersabda, “Telah diangkat pena itu dari tiga perkara, yaitu dari anak-anak sehingga ia dewasa (baligh), dari rang tidur sehingga ia bangun dan dari orang gila sehingga ia sehat kembali.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).
  • Ada pendengaran, artinya anak yang sejak lahir tuna rungu (tuli) tidak wajib mengerjakan shalat.
  • Suci dari haid dan nifas.
  • Sampainya dakwah Islam kepadanya.

 - Syarat Sah Shalat
  • Suci dari hadas, baik hadas kecil maupun hadas besar.
  • Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis.
  • Menutup aurat. Aurat laki-laki antara pusar sampai lutut dan aurat perempuan ialah seluruh badannya terkecuali muka dan tepak tangan.
  • Telah masuk waktu shalat, artinya tidak sah bila dikerjakan sebelum masuk waktu shalat atau telah habis waktunya.
  • Menghadap kiblat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Shalat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/shalat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.