Manfaat Dalam Hal Shalat

Posted by Unknown Jumat, 24 Mei 2013 0 komentar
Manfaat Shalat Ditinjau Dari Segi Gerakan

Takbiratul Ihram (berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah)

Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan.

Gerakan mengangkat kedua tangan bermanfaat untuk meregangkan otot bahu sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

Gerakan kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah bermanfaat untuk menghindari diri dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk (kepala lurus dengan tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah)

Postur ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Dan posisi ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Posisi jantung sejajar dengan otak bermanfaat untuk memaksimalkan aliran darah pada tubuh bagian tengah.

Posisi tangan yang bertumpu di lutut bermanfaat untuk relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah.

Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal (bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga)

Gerakan ini merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.
Sujud (menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, hidung dan dahi pada lantai)

Postur ini bermanfaat untuk memompa aliran getah bening ke bagian leher dan ketiak.

Posisi jantung di atas otak bermanfaat menyebabkan darah kaya oksigen mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Posisi ini juga menghindarkan gangguan wasir. Posisi ini pun memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk iftirosy (duduk diantara dua sujud).

Posisi ini bermanfaat untuk menghindari rasa nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.

Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian rileks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Duduk tawarruk (duduk tahiyyat).

Postur ini bermanfaat untuk menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens oleh tumit. Jika dilakukan dengan benar, postur ini mencegah impotensi.

Variasi posisi telapak kaki pada tawarruk pun menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian rileks kembali.

Salam (Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal).

Gerakan ini bermanfaat untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. dan gerakan ini pun mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Manfaat Shalat ditinjau dari Segi Psikologi
  • Menjernihkan jiwa.
  • Mencapai kesadaran yang lebih tinggi (altered states of consciousness).
  • Mencapai pengalaman puncak (peak experience).
  • Mengurangi kecemasan.
  • Mengembalikan kesadaran.
  • Melepaskan diri dari pengaruh alam yang lebih rendah.
  • Meringankan ketegangan jiwa.
  • Membuat pelaku shalat mampu meninggalkan pekerjaan yang buruk.
  • Menumbuhkan kedermawanan dan keberanian pada pelakunya.
  • Menumbuhkan sifat saling tolong menolong.
  • Symbol persamaan dan kebersamaan.
Bukan tanpa maksud Allah menempatkan shalat dengan segala hal yang berhubungan dengannya sampai Dia menerbangkan rasul-Nya keluasan tanpa batas di sidratul muntaha. Karena, cukuplah pertemuan dengan Allah yang maha kasih yang akan menggenapkan kita dari segala butuh, di dunia dan akhirat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Dalam Hal Shalat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/05/manfaat-dalam-hal-shalat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.