Seleksi Alam Dan Evolusi

Posted by Unknown Rabu, 04 September 2013 0 komentar
Seleksi alam erat kaitannya dengan jenis (spesies), macam (varian), rantai makanan, jaring-jaring makanan, perkembangbiakan secara kawin, genetika, dan adapsi.

Proses perubahan akibat seleksi alam itu sendiri berlangsung sedikit demi sedikit dalam waktu yang relatif sangat lama. Peristiwa ini yang dinamakan evolusi. Bukti adanya evolusi adalah fosil. Contoh evolusi adalah Dinosaurus pemakan tumbuhan (herbivor) dan Dinosaurus pemakan segala (omnivora) telah punah seluruhnya. Sedangkan Dinosaurus pemakan daging tetap dapat bertahan hidup. Satu-satunya bangsa Dinosaurus yang bertahan sampai sekarang adalah komodo.

Faktor Penyebab Terjadinya Seleksi Alam
  • Suhu Lingkungan
Hewan yang mempunyai bulu tebal mampu bertahan hidup pada daerah yang dingin, seperti kutub. Sedangkan hewan yang berbulu tipis tidak dapat bertahan hidup di tempat yang dingin.

  • Makanan
Makanan menjadi salah satu faktor dalam proses seleksi. Dalam suatu lingkungan, jika terdapat beberapa jenis makhluk hidup yang mempunyai makanan yang sama sedangkan jumlah makanan makanan terbatas, maka akan terjadi kompetisi dalam memperebutkan makanan tersebut. Individu yang kuat yang akan menang dalam perebutan makanan tersebut dan yang lemah akan mati.

  • Cahaya Matahari
Cahaya matahari penting bagi tumbuhan untuk membuat makanan. Jika sinar matahari tidak ada, maka tumbuhan tidak dapat memproduksi makanan yang berarti juga tidak dapat memasok energi bagi makhluk hidup lain, sehingga rantai makanan akan terputus.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Seleksi Alam Dan Evolusi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/09/seleksi-alam-dan-evolusi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.