Model Dan Teori Atom John Dalton, J. J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, Dan Lainnya

Posted by Unknown Senin, 02 September 2013 0 komentar
Model Atom John Dalton

Pada tahun 1803, John Dalton (1766 - 1844), seorang guru sekolah dari Inggris yang ahli dalam bidang fisika dan kimia, mengajukan pendapat bahwa materi terdiri atas atom-atom. Postulat yang dikukakan Dalton dapat disimpulkan sebagai berikut.
  • Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi dengan reaksi kimia biasa.
  • Atom digambarkan  sebagai bola pejal yang sangat kecil. Suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda dengan unsur yang lain.
  • Atom tidak dapat dipecah lagi menjadi partikel yang lebih kecil dengan sifat yang sama.
  • Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atas atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen.
  • Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

Postulat Dalton menggambarkan bahwa atom merupakan bola pejal seperti bola tolak peluru yang sangat kecil. Pendapat Dalton mengenai atom ini kemudian disempurnakan oleh ahli-ahli yang lain seperti J. J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan Louis de Broglie.


Model Atom J. J. Thomson

Penemuan elektron atas jasa J. J. Thomson dan R.Milikan, pada tahun-tahun pertama abad ke -20, memberikan bukti ketidaksempurnaan model atom Dalton. J. J. Thomson memperinci model atom dalton. Dikemukakannya bahwa di dalam atom terdapat elektron-elektron yang tersebar secara merata dalam "bola" bermuatan positif keadaannya mirip roti kismis. Model Thomson tidak berumur panjang. Hanya berumur 10  tahun, model ini titunjukkan ketidaksempurnaannya oleh seorang murid J. J. Thomson.


Model Atom Rutherford

Pada tahun 1911, Rutherford menemukan bukti dalam atom terdapat inti atom yang bermuatan positif yang berukuran jauh lebih kecil daripada atom, tetapi massa atom hampir seluruhnya dari massa intinya. Berdasarkan hal ini Rutherford menyusun model atom. Ia memperbaiki model atom Thomson. Model atom Rutherford menggambarkan atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom, serta elektron bergerak melintasi inti, seperti planet-planet mengitari matahari.


Teori Atom Niels Bohr

Pada tahun 1808 John Dalton dengan teori Dalton mengemukakan bahwa semua zat tersusun dari partikel-pertikel kecil disebut atom. Atom itu tidak dapat dibagi, diciptakan dan dimusnahkan. Namun hasil percobaan menemukan bahwa ada partikel yang lebih kecil atau partikel subatomik, yaitu proton dan elektron yang tersusun disekitar inti. Selanjutnya pada tahun 1993 Niels Bohr menerangkan hal penting yang berkaitan dengan sifat atom dalam postulat sebagai berikut.
  • Elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu. Orbit itu merupakan lintasan gerak stasioner elektron mengelilingi inti dan berjarak tertentu dari inti. Lintasan yang dipakai elektron diberi nomor 1,2,3..... Bilangan yang menyatakan lintasan elektron disebut kulit atom.
  • Selama berada dalam lintasannya, energi elektron tetap, sehingga tidak ada energi yang diserap atau dipancarkan.
  • Elektron hanya dapat pindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lainnya jika menyerap atau memancarkan energi sebesar persamaan Planck, yaitu AE = h.V.
  • Lintasan stasioner elektron yang diperbolehkan  memiliki besar momentum sudut kelipatan dari h/2p.

Model atom Bohr kurang sempurna, selanjutnya berkembang model atom yang kini diterima oleh para ahli, yaitu model atom mekanika kuantum (oleh erwin Schrodinger). Model atom mekanika kuantum mempunyai persamaan dengan model atom Neils Bohr dalam hal adanya tingkat-tingkat energi (kulit-kulit) dalam atom. Perbedaannya pada bentuk lintasan-lintasan tersebut.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Model Dan Teori Atom John Dalton, J. J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, Dan Lainnya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/09/model-dan-teori-atom-john-dalton-j-j.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.