Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Posted by Unknown Jumat, 20 September 2013 0 komentar
Metamorfosis adalah perubahan bentuk dan struktur yang terjadi pada hewan yang dimulai dari fase embrio sampai fase dewasa. Metamorfosis hanya dialami oleh hewan-hewan  tertentu saja, misalnya serangga dan katak. Metamorfosis dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis Sempurna

Motamorfosis sempurna adalah metamorfosis dengan tahap perubahan bentuk yang jelas dapat dibedakan. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna contohnya adalah kupu-kupu dan katak.
  • Metamorfosis Kupu-kupu
Metamorfosis sempurna kupu-kupu ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong. Bentuk larva dengan serangga dewasa jauh berbeda. Urutan tahapan metamorfosis sempurna yaitu telur >> larva >> pupa (kepompong) >> dewasa (imago).

Telur kupu-kupu menetas menjadi larva, yaitu ulat. Ketika berupa larva, serangga sangat aktif makan. Larva kemudian mengalami perubahan bentuk menjadi kepompong. Larva ada yang langsung membuat pupa, tetapi juga ada yang lebih dahulu membuat pelindung dari daun yang dilipat, tanah atau pasir yang halus, sayatan kayu yang halus, dan bahan lainnya. Pada tahap pupa, serangga tidak aktif makan, walaupun proses metabolisme tetap berlangsung. Setelah melewati tahap pupa, serangga akan menjadi dewasa (imago).

  • Metamorfosis Katak
Awal kehidupannya dimulai sebagai zigot dalam telur yang telah difertilisasi. Telur menetas dan keluarlah berudu dari dalamnya. Berudu dapat berenang menuju tumbuh-tumbuhan kecil untuk mencari makan. Berudu terus tumbuh, dan bentuk tubunya berubah. Tungkai mulai nampak, paru-paru mulai tumbuh, serta gigi juga mulai tumbuh dalam rongga mulut berudu. Saat itu dimulailah perubahan-perubahan yang dapat mendukung berlangsungnya kehidupan di darat. Sejak hewan ini mengalami pertumbuhan tungkai, berudu tidak lagi mengalami pertumbuhan ekor.


Metamorfosis Tidak Sempurna

Serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna maka bentuk serangga yang baru menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga dewasa (imago). Perbedaan yang mencolok adalah nimfa tidak memiliki sayap. Sayap akan tumbuh secara bertahap sehingga menyerupai bentuk dewasa. Secara umum nimfa dan serangga dewasa memiliki sifat yang sama.

Tahap perkembangan metamorfosis tidak sempurna adalah telur >> nimfa >> dewasa (imago). Metamorfosis tersebut tidak melalui tahap-tahap dengan bentuk yang berbeda, tetapi bentuknya tetap sama hanya mengalami pembesaran dan penggantian kulit. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/09/metamorfosis-sempurna-dan-metamorfosis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.