Gangguan Pada Sistem Reproduksi Manusia

Posted by Unknown Senin, 04 November 2013 0 komentar
Dalam menjalankan fungsinya, sistem reproduksi manusia terkadang mengalami gangguan akibat virus maupun bakteri. Berikut di antara gangguan terhadap sistem reproduksi manusia.
  • AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome)
Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh,  dan syndrome berarti penyakit, sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang oleh penyakit. AIDS disebabkan oleh virus yang disebut HIV (Human Immuno Deficiency Virus). Virus ini menyerang sel darah putih tertentu, dimana sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh, yaitu menangkal infeksi atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalam sel darah putih dan merusak sel darah putih, maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Virus HIV dapat berpindah dari seseorang ke orang lain atau menular. Penularan HIV tidak menyebar melalui udara, atau karena berjabatan tangan dengan si penderita AIDS. Virus HIV juga tidak menular melalui peralatan makan si penderita. Tetapi virus HIV dapat menular masuk ke tubuh orang lain melalui transfusi darah (donor darah seseorang yang terkena infeksi HIV) atau melalu alat-alat yang menyebabkan luka, seperti jarum suntik, jarum infus. Virus HIV pun dapat menular dengan kontak seksual.
 
  • Gonorea
Gonorea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini pun dapat menular melalui kontak seksual. Penderita gonorea akan merasa sakit pada saat urinasi, terkadang urine mengeluarkan nanah. Jika penderita gonorea tidak tidak diobati, maka dapat merusak saluran reproduksi , yaitu saluran sperma pada pria dan saluran tuba fallopi pada wanita, sehingga dapat mengakibatka kemandulan.

  • Herpes Genetalis
Herpes generalis disebabkan oleh virus Herpes simpleks. Gejala gangguan herpes genetalis antara lain, timbulnya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair.

  • Klamidia
Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamidia trachomatis. Gejalanya pada laki-laki biasanya terasa sakit ketika buang air kecil dan terjadi pembengkakan pada testis. Gejala pada wanita biasanya terdapat bercak darah di luar masa menstruasi. Tetapi terkadang juga gangguan ini timbul tanpa gejala.

  • Sifilis
Sifilis disebabkan oleh sejenis bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini biasanya dapat menular melalui kontak seksual. Namun demikian bakteri ini juga dapat menular melalui jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari ibu penderita sifilis. Gangguan ini akan ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin. Jika tidak segera diobati, maka bakteri ini akan merusak sel otak, melumpuhkan tulang, atau merusak jantung dan pembuluh darah.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gangguan Pada Sistem Reproduksi Manusia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/11/gangguan-pada-sistem-reproduksi-manusia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.