Bahan Kimia Di Bidang Pertanian

Posted by Unknown Senin, 05 Agustus 2013 0 komentar
  • Pupuk
Pupuk adalah bahan-bahan yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan untukkelangsungan hidupnya. Pupuk dipakai jika keadaan tanah tidak mengandung unsur mikro dan makro. Dilihat dari jumlah keutuhannya unsur hara dibedakan menjadi dua yaitu unsur makro, yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat besar. Unsur mikro dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah kecil. Contoh unsur mikro adalah mangan, seng, boron, tembaga, dan kobalt. Sedangkan unsur makro misalnya karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, belerang, magnesium, dan besi.
1. Pupuk Alami
pupuk alami adalah pupuk yang berasal dari alam, misalnya pupuk kandang dan kompos. pupuk kandang berasal dari kotoran hewan dan manusia yang telah diuraikan oleh mikroorganisme sehingga mengandung unsur hara yang cukup dan dapat digunakan oleh tumbuhan. Kompos berasal dari sampah yang telah diproses sehingga kandungan unsur haranya cukup untuk tanaman. Keuntungan menggunakan pupuk alami adalah tidak merusak tanah dan kandungan unsur haranya lengkap. Kekurangannya adalah unsur hara relatif lebih lama diserap tumbuhan, pembuatannya relatif lama, serta susah dubuat dalam skala besar.

2. Pupuk Buatan
Pupuk buatan adalah pupuk yang diproduksi oleh industri-industri kimia. Pupuk buatan terdiri atas pupuk nitrogen, pupuk fosfor, pupuk kaium dan pupuk majemuk. Pupuk nitrogen mengandung unsur nitrogen. Beberapa contoh pupuk nitrogen adalah urea, ZA, dan natrium nitrit. Pupuk nitrogen dibutuhkan tanaman untuk menguatkan batang dan menyehatkan daun. Pupuk fosfor mengandung unsur fosfor misalnya TSP (Triplesuperfosfat) yang mudah larut dalam air tanah sehingga dengan mudah diserap akar tumbuhan. Pupuk fosfor berguna untuk pertumbuhan akar dan pembentukan biji. Pupuk kalium mengandung unsur kalium, contohnya kalium klorida dan kalium sulfat. Pupuk kalium membantu tanaman untuk bertahan dari penyakit. Adapun pupuk majemuk adalah pupuk yang  mengandung lebih satu unsur, misalnya NPK mengandung tiga unsur yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium.

  • Pestisida
Pestisida adalah bahan kimia beracun yang digunakan untuk mengendalikan hama, baik berupa tanaman pengganggu, serangga, binatang pengerat, cendawan, bakteri, virus, atau cacing. Pestisida umumnya digunakan oleh petani untuk mengendalikan hama tanaman. Berdasarkan sasaran penggunaannya pestisida dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu herbisida untuk membasmi gulma, insektisida untuk membasmi serangga, fungisida untuk membasmi jamur, rodentisida untuk membasmi binatang pengerat, nematisida untuk membasmi cacing, dan bakterisida untuk membasmi bakteri.

Selain menguntungkan penggunaan pestisida juga dapt merugikan. Sifat yang merugikan ini akan muncul jika penggunaannya tidak tepat. Beberapa kerugian yang ditimbulkan dari pestisida adalah timbulnya resistensi (daya tahan) pada jasad pengganggu sasaran, timbulnya jasad pengganggu sekunder, keracunan yang dapat berakibat kematian pada manusia dan hewan peliharaan, kematian musuh alami, kematian hewan lain yang bukan sasarannya, dan pencemaran lingkungan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bahan Kimia Di Bidang Pertanian
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/08/bahan-kimia-di-bidang-pertanian.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.