Makanan Dan Fungsinya

Posted by Unknown Selasa, 16 Juli 2013 0 komentar
Fungsi utama makanan yang kita makan adalah untuk pertumbuhan, menghasilkan tenaga dan kalori, menjaga kestabilan suhu tubuh, serta untuk proses metabolisme dan menghasilkan sel-sel baru.

Karbohidrat
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Karbohidrat sering disebut juga sumber tenaga. Sumber karbohidrat antara lain beras, jagung, gandum, kentang, ubi-ubian, buah-buahan, dan madu. Tubuh manusia menyimpan karbohidrat di organ hati dan otot. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan busung lapar.

Protein
Protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan. Protein yang diperoleh dari hewan disebut protein hewani. Sedangkan protein yang diperoleh dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein hewani contohnya daging, susu, ikan, telur, dan keju. Sedangkan protein nabati contohnya biji-bijian. Fungsi utama protein adalah sebagai komponen struktural dan fungsional. Fungsi struktural berhubungan dengan fungsi pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak. Sebagai komponen fungsional berkaitan dengan fungsinya sebagai komponen enzim yang mengkatalisasi proses-proses biokimia sel.

Lemak
Sumber lemak hewani antara lain lemak daging, mentega, susu, ikan basah, telur, minyak ikan. Sedangkan sumber lemak nabati adalah kelapa, kemiri, kacang-kacangan, alpukat, dan lain sebagainya. Lemak berfungsi sebagai sumber dan cadangan energi. Lemak disimpan di jaringan bawah kulit.

Vitamin
Vitamin dapat berfungsi sebagai ko-enzim, yaitu suatu zat yang memacu bekerjanya suatu enzim. Terdapat dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam lemak. vitamin yang larut dalam lemak mempunyai sifat dapat disimpan. Berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam lemak, bila masukan vitamin melebihi jumlah  yang diperlukan oleh tubuh, kelebihannya akan dibuang ke luar tubuh. Kekurangan vitamin akan menyebabkan defisiensi (avitaminosis). Berikut ini contoh akibat kekurangan vitamin.
  • Kekurangan vitamin A: menderita rabun senja.
  • Kekurangan vitamin B1: menderita beri-beri.
  • Kekurangan vitamin B12: menderita anemia.
  • Kekurangan vitamin C: menderita skorbut.
  • Kekurangan vitamin D: menderita rachitis.
  • Kekurangan vitamin K: darah sukar atau sulit membeku.
  • Kekurangan vitamin E: menderita infertil (organ kelamin tidak subur).

Garam mineral
Garam mineral dibutuhkan secara sendiri-sendiri maupun kelompok. Masing-masing mempunyai peranan tertentu di dalam tubuh. Beberapa contoh penyakit kekurangan mineral antara lain:
  • Kekurangan Ca (kalsium): darah sukar atau sulit membeku, kejang otot, gangguan penulangan.
  • Kekurangan Fe (zat besi): menderita anemia.
  • Kekurangan I (iodium): menderita gondok.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makanan Dan Fungsinya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/07/makanan-dan-fungsinya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.