Dampak Dari Rusaknya Lapisan Ozon

Posted by Unknown Selasa, 29 Oktober 2013 0 komentar
Rusaknya lapisan ozon di stratosfer, dapat mengakibatkan semakin tipisnya lapisan ozon. Hal itu, akan menyebabkan semakin banyak sinar ultraviolet (UV) yang sampai ke bumi. Banyaknya sinar ultraviolet yang sampai ke bumi, dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap kehidupan di bumi, baik di darat, maupun di laut (manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan, serta mikroorganisme). Selain itu sinar ultraviolet dapat berdampak negatif pula terhadap bahan-bahan yang digunakan di luar ruangan yang langsung terkena sinarnya, misalnya plastik akan cepat rusak apabila terkena sinar matahari secara langsung.

  • Dampak Rusaknya Lapisan Ozon Terhadap Manusia
Sinar ultraviolet dalam jumlah kecil, memeang sangat diperlukan oleh tubuh manusia, yaitu untuk membantu pembentukan vitamin D oleh tubuh. Tetapi sinar ultraviolet dalam jumlah berlebih, dapat mengakibatkan penyakit kanker kulit bahkan penyakit katarak. Untuk melindungi diri, sebaiknya pada siang hari tidak membiarkan kulit dan mata terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama.

  • Dampak Rusaknya Lapisan Ozon Terhadap Tumbuh-tumbuhan
Peningkatan sinar ultraviolet akan mengganggu tumbuh-tumbuhan di darat, karena pengaruh sinar ultraviolet pada kegiatan mikroorganisme (dalam asimilasi nitrogen). Hasil padi dan sejumlah tanaman budidaya lainnya akan menurun bila terjadi peningkatan sinar ultraviolet, karena ketersediaan nitrogen menurun. Peningkatan sinar ultraviolet juga, dapat mengancam kemampuan dan kelangsungan hidup pohon-pohon di hutan.

  • Dampak Rusaknya Lapisan Ozon Terhadap Kehidupan Di Laut
Penipisan ozon dapat mengganggu ekosistem kehidupan di laut dan memberi dampak negatif pada rantai makanan di laut. Dampak yang cukup memprihatinkan adalah peningkatan sinar ultraviolet yang dapat membunuh organisme kecil (plankton) yang menjadi basis dari rantai makanan di laut. Selain itu, fitoplankton di laut yang dapat menyerap banyak karbondioksida (CO2) dari atmosfer melalui proses fotosintesis akan menurun drastis, bila mikroorganisme ini tersinari oleh sinar ultraviolet dengan peningkatan yang kecil sekalipun. Berkurangnya kemampuan penyerapan karbondioksida oleh fitoplankton di laut merupakan ancaman karena menyebabkan pemanasan global.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dampak Dari Rusaknya Lapisan Ozon
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/10/dampak-dari-rusaknya-lapisan-ozon.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.