Aktivitas Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Posted by Unknown Kamis, 24 Oktober 2013 0 komentar
Beberapa orang yang punya kebiasaan seperti berjalan-jalan, merokok, ataupun mandi setelah makan. Namun, ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dihindari, karena hal tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh. Berikut ini, sejumlah aktivitas yang perlu dihindari setelah makan, demi menjaga kesehatan pada pencernaan di dalam tubuh.

  • Tidur
Hindari langsung tidur setelah makan. Kebiasaan ini bisa membuat pencernaan terganggu dan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan infeksi pada usus.

  • Merokok
Merokok sudah tentu merupakan kebiasaan yang tidak sehat karena bisa merusak paru-paru. Tapi efeknya bisa lebih berbahaya lagi, apabila dikonsumsi setelah makan. Berdasarkan sejumlah penelitian, merokok setelah makan sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kanker yang sepuluh kali lebih tinggi.

  • Berjalan-jalan
Banyak orang mengira, jalan-jalan setelah makan bisa mempercepat proses pencernaan. Namun, hal iitu tidak benar. Berjalan justru akan mencegah sistem pencernaan menyerap nutrisi dari makanan. Sehingga, tubuh tidak maksimal memperoleh gizi. Sebaiknya, tunggulah 15 sampai 20 menit setelah makan, setelah itu tidak mengapa untuk berjalan-jalan.

  • Beraktivitas Berat
Setelah makan, hindari aktivitas fisik berat seperti berlari, atau aktivitas lainnya yang mengharuskan tubuh banyak bergerak. Aktivitas fisik bisa membuat perut kembung dan memicu terjadinya kram pada perut.

  • Mandi
Mandi akan meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, terutama pada tangan dan kaki. Jika Seseorang langsung mandi setelah makan, jumlah darah di sekitar perut akan meningkat dan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat sistem pencernaan melemah.

  • Minum Teh
Minum secangkir teh kental hangat memang terasa nikmat. Namun, bukan pilihan yang tepat untuk diminum setelah makan. Teh punya tingkat keasaman tinggi yang membuat kandungan protein di dalam makanan meningkat. Sehingga, tubuh lebih sulit mencernanya. Apabila tetap ingin menikmati teh, campur dengan air yang lebih banyak atau tunggu satu jam setelah makan.

  • Makan Buah
Mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut terasa kembung, karena sifatnya yang 'memfermentasikan' makanan di dalam perut. Untuk itu, makanlah buah 1 sampai 2 jam sebelum atau setelah makan hidangan utama.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Aktivitas Yang Perlu Dihindari Setelah Makan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://downloadmp3books.blogspot.com/2013/10/aktivitas-yang-perlu-dihindari-setelah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of download mp3 songs.